LAYANAN WEB DAN LAYANAN EMAIL

Senin, Oktober 24, 2011 | 0 Comments

Salah satu ciri yang menonjol dari Internet adalah banyak layanan-layanan yang berjalan diatasnya diimplementasikan menggunakan  arsitektur client/server. Pengertian dari client dan server itu sendiri yaitu, client merupakan  pihak yang bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan user; sebagai contoh, dengan menerima masukan dari keyboard dan menampilkan data ke user. Sedangkan server, merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk menangani tugas-tugas yang diminta client; sebagai contoh, mengakses data atas nama client, menangani perhitungan, menyediakan data atau tanggapan sederhana pada client, dan sebagainya.          
Layanan informasi di Internet di antaranya adalah layanan e-mail, telnet, finger, FTP, WAIS, dan World Wide Web (WWW). Disini akan dibahas mengenai layanan World Wide Web (WWW) dan layanan e-mail.

LAYANAN WORLD WIDE WEB (WWW)
Layanan web merupakan fenomena yang sangat panas saat ini karena banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Web Service terutama interoperabilitas tinggi dan penggunaannya yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama mesin kita terhubung oleh jaringan internet salah satunya.
WWW kepanjangan dari World Wide Web , informasi-informasi yang terdapat dalam WWW dalam bentuk halaman-halaman web (web pages). Misalkan suatu sekolah memiliki halaman web, maka halaman web akan diletakkan ke dalam situs web (web site).
WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan sangat banyak digunakan untuk menyampaikan informasi karena sifatnya mendukung multimedia. Artinya informasi tidak hanya disampaikan melalui teks, tapi juga gambar, video dan suara.

Aaplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk membuka WWW atau istilahnya browser (menjelajah) antara lain adalah Opera, Internet explorer, Mozilla Firefox, dan Netscape Navigator, dll.
Web Server adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi. Sedangkan web client adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang meminta informasi. Untuk dapat mengakses web server, web client menggunakan aplikasi yang disebut Web browser.
File yang dikirim dalam layanan web ini berekstensi *.htm atau *.html. HTML merupakan singkatan dari hypertext markup language, yaitu satu bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan susunan informasi dalam file hypertext. Hypertext sendiri adalah suatu struktur pemyampaian informasi dimana satu atau beberapa kata pada suatu file dapat di-link untuk mengeluarkan file baru yang biasanya berisi informasi detail tentang kata tersebut.
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com).

LAYANAN E-MAIL
E-mail adalah layanan untuk saling berkirim pesan antar pengguna internet di seluruh dunia. Sebenarnya e-mail sama dengan surat dalam kehidupan nyata. Perbedaannya adalah kecepatannya dalam mengirim pesan. Jika Anda mengirim surat dari Jepara ke Jakarta membutuhkan waktu yang lama, bisa dua hari atau bahkan sampai satu Minggu. Berbeda dengan e-mail, Anda bisa mengirim e-mail dari internet di Jepara ke internet di Jakarta hanya dalam hitungan detik, asalkan orang yang Anda kirimi e-mail terkoneksi dengan internet.
Saat ini, e-mail telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita.
Didunia internet, alamat e-mail berperan lebih dahsyat lagi. Ia bagaikan satu-satunya mata uang yang sah untuk melakukan transaksi. Adalah satu kenyataan jika di internet orang bisa mendapatkan hampir segala-galanya, informasi, materi, program, software, pengetahuan dan bahkan uang. Tetapi Anda harus membayarnya dengan alamat e-mail. Uniknya, alamat-alamat e-mail ini bisa diperoleh gratis. E-Mail memiliki protokol dan standar yang sering dipakai dalam pengiriman dan pembacaan pesan, agar pesan tersebut sampai tujuan. Standar dan Protokol utama yang digunakan dalam layanan E-mail adalah:
1.    RFC 2822 atau Internet Message Format (IMF).
2.    RFC 2821 atau Simple Mail Transport Protocol (SMTP).
3.    RFC 1939 atau Post Office Protocol versi tiga (POP3).14
Selain protokol POP3 yang  digunakan dalam medapatkan pesan dari E-mail server adapun protokol yang memiliki fungsi sama yaitu Internet Mail Access Protocol (IMAP).

Simple Mail Transport Protocol (SMTP)
Salah satu protokol E-mail  yang populer juga berusaha membuat segala sesuatunya sederhana adalah Simple Mail Transport Protocol (SMTP). Karena itu SMTP dapat dikatakan sebagai prinsip KISS yang merujuk pada pepatah bijak yang berbunyi Keep it Simple, Stupid (buat sederhana saja). Jadi client E-mail dan server menggunakan protokol SMTP dengan menggunakan port 25 untuk mengatur proses pengiriman dan penerimaan E-Mail. Sebagaimana yang telah dibahas, daripada hanya mengirim E-Mail dengan RFC2822 header yang benar disekitarnya, client E-Mail dan server harus berkomunikasi terlebih dahulu. Misalnya, client harus mengidentifikasi dirinya sendiri ke server sebelum mengirimkan sebuah E-Mail. Selain itu pengirim E-mail harus mengidentifikasi penerima sebelum mengirim E-Mail. dengan cara tersebut, jika client/server berikutnya tidak dapat mengirim E-Mail, Seseorang tidak membuang waktu mengirim E-Mail lagi. 
Protokol SMTP menetapkan pesan sehingga client dan server E-mail dapa mengatur proses pengiriman E-Mail. Extended Hello (EHLO) command mengidentifikasi client. Mail command memberitahukan server bahwa client ingin mengirim atau menerima E-Mail. RCPT (short for recipient) mengidentifikasikan penerima E-Mail yang akan dikirimi. Sesudah server membalas dengan pesan acknowledgement (ACK) pada tiap-tiap tiga command pertama ini, E-Mail dapat ditransmisikan. Perlu dicatat bahwa sebenarnya saat semua perkakas mengirim E-Mail, pesan tersebut diselaraskan dengan spesifikasi Internet Message Forma(RFC 2822) untuk isi header dan teks. SMTP RFC (RFC 2821) menetapkan pesan-pesan yang mengontrol proses dengan SMTP seperto EHLO dan MAIL. SMTP, POP, dan IMAP adalah protokol-protokol TCP/IP yang digunakan dalam pengiriman email. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Protokol ini digunakan untuk pengiriman email dengan menggunakan aplikasi email client (outlook express, eudora, thunderbird) POP (Post Office Protocol) lebih populer dengan sebutan POP. Karena SMTP tidak memiliki kemampuan penyimpanan E-Mail dalam mailbox, maka diperlukan protokol lain untuk menjalankan fungsi tersebut yaitu POP3 dan IMAP. Dari sisi klien E-Mail, server SMTP merupakan sarana untuk melakukan outgoing connection atau mengirimkan pesan. Sedangkan untuk incoming connection digunakan protokol POP3

Post Office Protocol (POP3)
Protokol E-Mail yang berikutnya yaitu Post Office Protocol (POP3) yang berjalan di port 110, versi saat ini, POP3 yang memungkinkan17 seseorang untuk mentransfer E-Mail, seperti SMTP. Akan tetapi POP3 didesain secara khusus untuk pengunnaan antara client E-mail dan mail server tetapi dia tidak dapat mentransfer E-Mail antar server. POP3 pada dasarnya memungkinkan seseorang untuk mengerjakan subset fungsi dari SMTP. POP3 memungkinkan beberapa opsi untuk otentifikasi, dan beberapa fitur  berguna lainnya untuk client E-Mail fitur-fitur yang tidak dimasukan dalam SMTP. Salah satu fitur yang lebih baik dari POP3 adalah otentifikasi. Otentifikasi mengacu pada proses sebuah perkakas untuk mengidentifikasi dirinya sendiri dengan perkakas yang lain melalui nama dan password perkakas lain untuk selanjutnya memutuskan apakah perkakas pertama bisa mengakses. Misalnya, jika seseorang memiliki E-Mail account pada Internet Service Provider (ISP) yang dia punya, dalam beberapa hal seseorang di beri E-Mail address dan password.  Saat orang itu memeriksa E-Mail, jika orang tersebut menggunakan POP3 (dan jika menggunakannya), client E-Mail tersebut mengidentifikasi dirinya sendiri dan menyediakan password. E-Mail server memutuskan apakah mugkin orang tersebut mendapatkan E-Mail. Conner mengirim username dan password ke server. Server memeriksa daftar username dan password dan mencari kecocokan. Jadi, server memberitahu client “OK” berarti server telah siap memulai pengiriman E-Mail ke client. POP3 juga memberitahu user berapa banyak E-Mail yang menunggu dia. Untuk mendapatkan E-Mail, client meminta E-Mail sekali waktu.
Dalam suatu jaringan E-mail, kedua protokol SMTP dan POP3 selalu bekerja sama dalam meyampaikan pesan yang akan dikirim melalui server. Client menggunakan POP3 untuk mendapatkan E-Mail dari server mereka, tetapi mereka menggunakan SMTP untuk mengirim E-Mail ke server lain.
Dari kejadian diatas dapat diketahui bahwa dalam gambaran ini. POP3 hanya digunakan  untuk mengambil E-Mail dari server. Selain itu catat bahwa server E-Mail dilabelkan sebagai SMTP server dan POP3 server. Merujuk pada server E-Mail pada umumnya dalam kenyataannya, untuk mengerjakan SMTP, seseorang membutuhkan server software yang memahami SMTP, jadi supaya semua ini bekerja, server perlu memiliki SMTP server software  untuk menjalankannya. Serupa dengan itu, untuk memungkinkan agar client menerima mail, server hardware harus mengoperasikan POP3 server software untuk SMTP server software. Efeknya, komputer harus menjalankan kedua server. SMTP server dan POP3 server pada komputer yang sama menyimpan dan memperoleh E-Mail dari lokasi penyimpanan pesan yang sama. Misalnya pada Gambar 2.7, E-Mail server Fredsco menerima E-Mail menggunakan SMTP server, menyimpannya pada disk drive. Selanjutnya, saat orang yang menggunakan account sales@fredsco.com memeriksa E-Mailnya dengan POP3, POP3 server pada komputer yang sama, menerima E-Mail, mengirimkanya kepada komputer client.
Secara singkat, proses pengiriman e-mail adalah sebagai berikut:
Saya menulis e-mail → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima.

Tiga jenis layanan email
Selama ini tentunya Anda telah mengenal tiga jenis layanan email, yaitu POP mail, email forwarding dan email berbasis web. Masing-masing jenis email tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).
Kelebihan:
Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express.
Kekurangan:
Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.

Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.
Kelebihan:
Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja.
Kekurangan:
Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).

Email Forwarding
Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.
Kelebihan:
Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.
Kekurangan:
Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.
penasaran?? kLick hEre...

Tidak ada komentar:

Let's havE fUn gUys!!