Istilah Teknologi Informasi (J)

Senin, September 06, 2010 | 0 Comments



Jam
1. Macetnya sebuah piranti atau sistem karena sebab tertentu, misalnya kemacetan printer.
2. memblok atau menutup sinyal tertentu dengan sinyal lain.

Java
Nama sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memungkinkan program-program aplikasi kecil di download dari server. Program ini cocok untuk networking, dan sering digunakan pula untuk membuat sistem yang besar dan kompleks, yang melibatkan sejumlah komputer saling berinteraksi dalam sebuah jaringan, contohnya: sistem pemrosesan transaksi. Java juga banyak digunakan untuk membuat program-program bagi piranti kecil, misalnya handphone. Dengan menggunakan program Java yang disebut applet, sebuah halaman web bisa dilengkapi dengan fungsi-fungsi kalkulator, animasi, dan fungsi canggih yang lain. Program ini dikembangkan oleh Sun Microsystem.


JavaScript
Bahasa scripting yang terdapat di dalam dokumen HTML. Berbeda dengan Java, kode JavaScript dijalankan tanpa dicompile terlebih dahulu. JavaScript biasanya digunakan untuk membuat suatu homepage menjadi lebih dinamis.

JBoss
Yaitu (dibaca: Jay Boss) adalah server aplikasi sumber terbuka berbasis Java EE yang di-implementasikan menggunakan Java. Dengan basis Java, JBoss otomatis lintas platform, dalam arti ia dapat digunakan di segala sistem operasi yang mendukung Java. Pengembang inti dari JBoss pada prinsipnya adalah karyawan Red Hat, resminya dibawah perusahan layanan 'JBoss Inc' yang didirikan oleh Marc Fleury, dan (kemudian) di-akuisisi Red Hat.

JCL
Singkatan dari Job Control Language, bahasa yang digunakan untuk memberikan instruksi pengendali komputer untuk sistem operasi komputer mainframe IBM.

JDK
Singkatan dari Java Development Kit, paket pengembangan software dari Sun Microsystems yang mencaku rangkaian tool utama yang iperlukan untuk menulis, menguji, dan men-debug program-program aplikasi Java dan Applet.

JDS (Java Desktop System)
Yaitu adalah sistem operasi dengan GUI dari Sun Microsystems ditargetkan untuk segmen pasar komputer desktop korporat murah. JDS bertujuan untuk menyediakan sebuah sistem yang mudah digunakan dan familiar bagi pengguna komputer pada umumnya dan menyertakan suit produktivitas perkantoran Office termasuk software untuk email, calendaring, office suite, web browser dan instant messaging.

JES
Yaitu singkatan dari Job Entry System, bagian dari sistem operasi yang menerima dan menjadwal pelaksanaan pekerjaan (job).

JIB
Yaitu singkatan dari job information Block, dalam CMS/DOS berarti blok informasi tentang pekerjaan.

Jitter
Yaitu ketidakstablian sesaat yang terjadi pada sinyal, khususnya sinyal pada layar video.

Job
Kumpulan sejumlah tugas yang membentuk sebuah satuan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh komputer, misalnya pelaksanaan sebuah program.

Job abort
Pembatalan pelaksanaan sebuah job karena gangguan pada hardware, software atau data.

Job number
Nomor identifikasi sebuah job.

Job-to-job transition
Proses menemukan lokasi program dan file-file yang berhubungan dengannya serta menyiapkan komputer untuk melaksanakan job tertentu.

Joomla
Yaitu content management system (CMS) sumber terbuka yang bebas ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL baik untuk internet maupun intranet. Joomla menyertakan banyak fitur untuk meningkatkan kinerja termasuk page caching, web indexing, RSS feeds, halaman untuk dicetak, news flashes, blogs, forums, polls, calendars, website searching, dan dukungan internasinalisasi.



JOVIAL
Bahasa pemrograman yang digunakan di tahun 60-an dan 70-an yang kepanjangannya adalah Jules’ Own Version of the International Algorithmetic Language.

JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Yaitu format file yang memuat data berupa gambar. Gambar JPEG terkompresi secara lossy, sehingga kualitas gambar diturunkan untuk mendapatkan ukuran file yang kecil. Walaupun demikian perbedaan kualitas tersebut tidak akan dapat terlihat untuk gambar-gambar tertentu. JPEG biasanya digunakan untuk gambar-gambar yang tidak jelas batas warnanya, seperti foto, lukisan, dan lain-lain. 

Jukebox
Piranti robotik yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil piringan dalam jumlah banyak, bisa pula diminta untuk menyervis satu atau dua piringan.

Julian Number
Suatu bentuk representasi kalender di sistem komputer. Sistem ini menunjukkan tahun dan urutan hari ke berapa dalam suatu tahun. Misalnya, 05-043 berarti hari keempat puluh tiga, tahun 2005, atau tanggal 12 Februari 2005.

Jump
Penyimpangan dari urutan normal pelaksanaan instruksi oleh komputer.

Jumper
Yaitu bentuk yang sederhana dari switch on/off. Umumnya jumper ini berukuran amat kecil dan terbuat dari logam yang terbungkus plastic. Dimana biasanya digunakan untuk menentukan setting suatu fungsi seperti besaran frekuensi BIOS, dan lain-lain. 

Junction
Data tak berarti (sampah) yang diterima dari saluran komunikasi.

Justification
1. Tindakan menyesuaikan, menyusun atau menggeser angka satuan ke kiri atau kanan agar pas dengan pola yang ditentukan.
2. Perataan teks di kedua sisinya, baik kiri maupun kanan.

Justified
Pengaturan halaman teks yang rata kiri dan kanan, format ini biasa digunakan untuk memberi tampilan yang lebih resmi.

Justify
Meluruskan atau meratakan karakter-karakter dalam sebuah field, baik rata kiri maupun rata kanan.


dikerjakan oleh:
Alivi Nur Rosida    109533427367
Shofiyah Al Idrus   109533423228








Baca Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

About

- alivi -