Pada pertemuan kedua matakuliah tpengantar teknologi informasi, akan di bahas dua sub bahasan yaitu teknologi informasi dan komponen dari teknologi informasi. Sebelum membahas tentang teknologi informasi, kita harus mengetahui apa itu informasi dan apa yang dinamakan informasi.

Teknologi informasi
Membahas mengenai informasi berarti kita harus membahas apa itu data karena informasi dan data mempunyai hubungan yang erat. Data merupakan kumpulan fakta yang diperlakukan sebagai raw materials (material mentah) yang belum memiliki arti. Jenis data diantaranya seperti teks, gambar, audio atau suara, serta video. Sedangkan definisi dari informasi sendiri yaitu data yang sudah memiliki makna di dalam konteksnya, data yang saling berhubungan dan data setelah dimanipulasi. Untuk menggambarkan hubungan antara data dan informasi, lihat bagan dibawah ini.



Lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut, terdapat beberapa data berjenis teks yaitu monyet, ganteng, afgan, jambu, suka, penyanyi, seorang. Dari data-data tersebut, apakah Anda mengerti apa yang dimaksud data-data tersebut?? Sulit untuk memahaminya. Namun, jika data-data itu diproses sedemikian rupa hingga data-data tersebut menjadi sebuah informasi yaitu Afgan seorang penyanyi ganteng suka jambu monyet. Setelah data-data tersebut diproses menjadi suatu informasi, maka kita dengan mudah memahami informasi tersebut.

Informasi memiliki dua sifat yaitu perfect dan imperfect. Informasi perfect merupakan informasi yang sempurna dan pasti misalnya tahun depan adalah tahun 2011. Sedangkan informasi imperfect kebalikan dari informasi perfect yaitu informasi yang tidak sempurna atau mengandung unrus ketidakpastian, contohnya prakiraan cuaca.

Informasi dapat kita peroleh dari beberapa sumber diantaranya pengamatan lapangan (observasi), kuesioner (angket), kejadian (pencatatan/perekaman), pemodelan (simulasi dan forecasting), media massa, alat telekomunikasi, alat elektronis, dan lain sebagainya.

Karakteristik informasi yang baik:
  1. Tepat waktu, bila informasi disampaikan tidak tepat waktu maka informasi tersebut bisa dikatakan basi bahkan mungkin tidak berguna lagi.
  2. Akurat, informasi harus disampaikan dengan akurat.
  3. Mudah diakses
  4. Menghilangkan keraguan
  5. Berhubungan
  6. Berdasarkan fakta yang ada
Evolusi abad informasi dibagi menjadi tiga abad yaitu:
  1. Abad pertanian, sekitar tahun sebelum 1800. Pada abad ini, kegiatan masyarakat cenderung bertani dan mengerjakan segala sesuatu dengan menggunakan tenaga manusia.
  2. Abad industri, sekitar tahun 1800 – 1957. Masyarakat sudah mengenal mesin sehingga banyak masyarakat yang bekerja di pabrik-pabrik.
  3. Abad informasi, sekitar tahun 1957 – sekarang. Masyarakat sudah menggunakan teknologi informasi sehingga banyak bermunculan pekerja yang terdidik.
 Pada abad informasi, banyak masyarakat dimana yang bekerja di bidang penanganan informasi lebih banyak daripada di bidang pertanian dan industri, inilah masyarakat yang disebut masyarakat industri.

Setelah membahas tentang informasi, kemudian timbul pertanyaan, apa yang dimaksud dengan teknologi?? Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis dalam bidang industri atau bisnis.

Pengertian dari teknologi informasi yaitu studi atau penggunaan peralatan elektronika terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis dan mendistribusikan informasi apa saja termasuk teks, bilangan, dan gambar (Kamus Oxford, 1995)

Tujuan teknologi informasi adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Sedangkan fungsi dari teknologi informasi yaitu menangkap (capture), mengolah (processing), menghasilkan (generating), menyimpan (storage), mengambil kembali (retrieval), dan melakukan transmisi (transmission).

Di abad informasi ini, informasi dianggap satu hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena kompleksitas tugas manajemen, pengaruh globalisasi, perlunya response time yang cepat, tekanan persaingan bisnis, dan peningkatan layanan.

Komponen teknologi informasi
Terdapat tiga komponen utama teknologi informasi yaitu hardware, software, dan brainware.
Pertama, hardware merupakan istilah yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi.
 


Kedua, software merupakan sekelompok item atau objek yang membentuk konfigurasi yang di dalamnya terdapat program, dokumen, dan data. Dokumen yang dimaksudkan dalam software ini seperti history dan help. Sebuah program tanpa ada dokumen belum bisa dikatakan software.


Ketiga, brainware merupakan istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.








Selain tiga komponen utama di atas, teknologi informasi mempunyai komponen yang lain seperti firmware dan infoware. Mungkin dua istilah ini jarang kita dengar, tapi dua komponen ini juga merupakan komponen dari teknologi informasi. Firmware merupakan perangkat lunak yang ditanamkan ke perangkat keras secara semi-permanen. Firmware bisa dikatakan perangkat lunak yang sangat membutuhkan hardware untuk bisa dijalankan.
Sedangkan contoh dari infoware yaitu user manual, SOP, dan cyber law.

Teknologi informasi saat ini dapat diterapkan dalam beberapa bidang seperti industri, perbankan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan, dan lain sebagainya.

Sampai disini penjelasan teknologi informasi pada postingan ini, bila ada kesalahan dan kritik mohon di comment. Semoga bermanfaat bagi semua. Terimakasiiiih.....



Baca Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

About

- alivi -