Latar Belakang Masalah
Umumnya, masyarakat Indonesia hanya mengetahui fungsi umum antena parabola sebagai alat untuk menerima siaran televisi satelit. Banyak masyarakat memasang antena parabola ini untuk menangkap siaran dari beberapa channel televisi dari jangkauan yang lebih luas daripada menggunakan antena biasa yang jangkauannya relatif sempit. Selain itu, kualitas gambar serta suara dari antena parabola lebih bagus. Hal ini dikarenakan bentuk antena parabola seperti piringan sehingga transmisi lebih mudah diterima.
Bentuk antena parabola tersebut membuat parabola dapat menangkap dan memancarkan sinyal. Selain sinyal televisi, parabola mampu menerima beberapa sinyal lain yaitu sinyal telepon, sinyal radio, dan beragam data lain yang dapat ditransmisikan melalui gelombang.
Wi-fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yang memiliki pengertian sekumpulan standar yang digunakan untuk Wireless Local Area Networks (WLAN). Secara teknis, Wi-Fi merupakan sinyal yang beroperasi pada frekuensi tertentu. Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS saat ini beroperasi pada kisaran frekuensi 2.400 MHz sampai 2.483,50 MHz yang terbagi dalam 11 channel. Awalnya, Wi-fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirakabel atau Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

Di Indonesia sendiri, penggunaan internet berbasis Wi-Fi sudah mulai menggejala di beberapa kota besar. Banyak para maniak internet yang memburu sinyal Wi-Fi dari cafe, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Tingginya minat masyarakat dalam menggunakan sinyal Wi-Fi dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu kemudahan dalam mengakses internet tanpa kabel dan biaya yang murah.Karena penggunaan Wi-Fi di Indonesia semakin meningkat, kita dapat memanfaatkan teknologi parabola yang fungsinya untuk menangkap sinyal televisi sehingga dapat menangkap sinyal Wi-Fi dan dapat digunakan untuk mengakses internet di rumah Anda. Apabila rumah Anda dekat dengan hotspot, parabola ini akan dengan mudah menangkap sinyal Wi-Fi, namun jika rumah Anda jauh dari hotspot parabola masih dapat menangkapnya karena jangkauan parabola ini sangat luas.
Jadi, dengan memanfaatkan antena parabola televisi, kita dapat mengakses internet dengan mudah dari rumah. Dalam karya ilmiah ini akan dibahas bagaimana cara memanfaatkan parabola untuk menangkap sinyal Wi-Fi.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang dapat disusun adalah sebagai berikut:
1. Apakah antena parabola televisi dapat menangkap sinyal wifi?
2. Bagaimana cara antena parabola televisi menangkap sinyal wifi sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet?

Tujuan Penelitian>
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengatahui manfaat lain dari antena parabola televisi sebagai penangkap sinyal wifi
2. Untuk mengetahui cara antena parabola televisi dalam menangkap sinyal wifi sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet

Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dengan adanya penelitian ini yaitu:
1. Dapat memanfaatkan parabola televisi untuk menangkap sinyal Wi-Fi sehingga dapat digunakan untuk mengakses internet
2. Dapat mengetahui cara penangkapan sinyal Wi-Fi dengan menggunakan parabola televisi

Asumsi dan Batasan Masalah
Asumsi
Asumsi dari masalah ini yaitu:
1. Masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan antena parabola di rumahnya
2. Terdapat jaringan Wi-Fi pada jangkauan parabola dalam menangkap sinyal
Batasan Masalah
1. Cara ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan antena parabola televisi
2. Pemanfaatan parabola ini hanya digunakan untuk menangkap sinyal Wi-Fi

Urgensi (Keutamaan)
Keutamaan menggunakan parabola televisi untuk menangkap sinyal Wi-Fi adalah:
1. Parabola memiliki jangkauan yang luas sehingga mampu menangkap gelombang di tempat-tempat yang jauh dari transmisi
2. Apabila Anda terhubung dengan koneksi yang gratis, Anda dapat mengakses internet gratis dari rumah Anda tanpa harus keluar rumah membawa laptop
3. Mendapatkan keuntungan ganda, selain dapat menonton siaran televisi dari berbagai macam channel juga dapat mengakses internet dengan mudah.
Baca Selengkapnya...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hmm, gmn cara nya mas ?? sedang kan di rumah saya aja sampe 3 antena parabola, tapi 1 wifi pun tidak tercantum dalam wifi laptop saya..

Anonim mengatakan...

hmm, gmn cara nya mas ?? sedang kan di rumah saya aja sampe 3 antena parabola, tapi 1 wifi pun tidak tercantum dalam wifi laptop saya..

Anonim mengatakan...

wah, memang kala cuman parabola saja, tidak akan bisa menangkap sinyal wifi. Agar bisa menangkap sinyal wifi, perlu beberapa device tambahan.
ALIVI

About

- alivi -