objek 3D yang akan dikenalkan yaitu objek dengan bentuk wire (kerangka). Objek-objek ini dapat diputar terhadap sumbu x dengan menekan "x", terhadap sumbu y dengan menekan sumbu "y" dan terhadap sumbu z dengan menekan "z".
Kubus
Untuk membuat kubus, digunakan fungsi glutWireCube(size).
Bola
Untuk membuat bola digunakan fungsi glutWireSphere(radius, slices, stacks).
Code program sama dengan kubus hanya mengganti fungsi renderScene seperti dibawah ini:
Tekan "d" untuk memunculkan objek
void renderScene(void){
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glClearColor(1,1,1,1);
glLoadIdentity();
glTranslatef(0,0,z);
glRotatef(sudut,x1,y1,z1);
glColor3f(0,0,1);
glutWireSphere(2,20,10);
glutSwapBuffers();
}
Kerucut
Untuk membuat kerucut, digunakan fungsi glutWireCone(base, height, slices, stacks).
Code program sama dengan kubus hanya mengganti fungsi renderScene seperti dibawah ini:
Tekan "d" untuk memunculkan objek
void renderScene(void){
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glClearColor(1,1,1,1);
glLoadIdentity();
glTranslatef(0,0,z);
glRotatef(sudut,x1,y1,z1);
glColor3f(1,0,0);
glutWireCone(2,4,25,25);
glutSwapBuffers();
}
Torus (Donat)
Untuk membuat bentuk torus (donat) digunakan fungsi glutWireTorus(innerRadius, outerRadius, nsides, rings).Code program sama dengan kubus hanya mengganti fungsi renderScene seperti dibawah ini:
Tekan "d" untuk memunculkan objek
void renderScene(void){
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glClearColor(1,1,1,1);
glLoadIdentity();
glTranslatef(0,0,z);
glRotatef(sudut,x1,y1,z1);
glColor3f(0,0,1);
glutWireTorus(1,3,20,40);
glutSwapBuffers();
}
Teapot
Untuk membuat bentuk teapot, digunakan fungsi glutWireTeapot(size).
Code program sama dengan kubus hanya mengganti fungsi renderScene seperti dibawah ini:
Tekan "d" untuk memunculkan objek
void renderScene(void){
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glClearColor(1,1,1,1);
glLoadIdentity();
glTranslatef(0,0,z);
glRotatef(sudut,x1,y1,z1);
glColor3f(1,0,0);
glutWireTeapot(4);
glutSwapBuffers();
}
Selain objek-objek di atas, kita juga dapat membuat bentuk objek 3D yang lain. Fungsi-fungsi objek 3D dapat dilihat di llibrary openGL.
Selamat mencobaaaaaaaaaaa... Baca Selengkapnya...
4 komentar:
terima kasih.blog ini sangat membantu saya cari referensi.moga sukses dan banyak posting code2 open GL y
ijin share blog sederhana tentang OpenGL, semoga bermanfaat
heriadyblog.blogspot.co.id
trims
trimkasih banyak...
sama seperti tugas kuliah saya
source code nya kok eror ya?
Posting Komentar