Cookies ini saya bikin untuk kue lebaran kemarin, dan hasilnya laris maniiiiissss. Kuenya enak, tidak terlalu manis dan lucu dengan hiasan-hiasan di atas kuenya. Anak kecil pasti tertarik. Karena keluarga saya tidak begitu pandai menghias kue yaa jadilah kue itu hanya berhiaskan titik-titik atau garis-garis. hihihi. Lagi-lagi tujuan saya tulis disini biar gak ribet nyari resepnya kalo lebaran. hehehehe.

Ini foto hasil kreasi saya dengan keluarga ^_^
Resep ini diambil dari sumber berikut
http://bundanyaalifiaaisyaazfar.blogspot.com/2013/07/cookies-royal-icing.html


Bahan kue :

  • 250 gram ( butter tawar 75 gr + 175 margarin)
  • 2 kuning telur
  • 85 gram gula halus (saya buat tidak terlalu manis karena nanti gula icingnya sudah manis)
  • 1/2 sdt vanila  past
  • 1/2 sdt  condensed milk pasta
  • 1 sdm tepung maizena
  • 350 gr terigu cap segitiga kurang lebih sampai kalis dan mudah dicetak

Cara pembuatan :
  1. Kocok gula dan mentega sampai halus
  2. Masukan kuning telur, kocok lagi
  3. Masukan vanilla pasta, milk pasta dan maizena kocok.
  4. Terigu saya masukan ke sebagian adonan Mentega Jadi adonan mentega saya bagi tiga tahap saat di campur terigu supaya adonan tidak lekas mengeras.. campur terigu sampai kalis.
  5. Ada yang dimasukan dulu ke lemari es baru di cetak (saya skip ini)
  6. Cetak adonan dengan cetakan2 mini 
  7. Bakar di oven kurang lebih 25 menit api sedang
Tips untuk tektur kue :
  1. Kalau ingin kue yang renyah, kocok margarin dan gula agak lama
  2. Kalo ingin lembut sekali, pengocokan margarin dan gula sebentar saja

Bahan Royal Icing :
  1. 150 gr gula icing
  2. 1 butir putih telur
  3. 2 sendok bisa lebih air jeruk lemon (saya sediakan lebih karena saya pake adonan lebih encer)
  4. pewarna makanan

Cara membuat :
  1. Kocok air jeruk lemon dan putih telur dengan kecepatan tinggi sampai mengembang
  2. masukan gula icing sedikit sedikit sampai adonan berjejak
  3. Bagi beberapa bagian adonan sesuai banyak warna yang akan digunakan
  4. Masukan kedalam piping bag
  5. Adonan gula icing yang blm diberi pewarna bisa bertahan sampai 5 hari, kalo yang sudah diberi pewarna cendrung cepat berair jadi harus cepat dipakai
Cara menghias cookies dengan gula icing :
  1. Hias permukaan kue yang sudah matang dengan motif yang anda suka, lihat saja tergantung cetakannya bentuk apa. Saya sih biarkan anak2 berkreasi sendiri.
  2. Gunakan tusuk gigi dalam menghiasnya.
  3. Simpan cookies yang sudah di hias di atas loyang.
  4. Setelah loyang penuh, masukan kembali loyang ke oven,dengan api kecil sekitar 5 menit saja. Ini untuk mematangkan putih telur yang menjadi bahan gula icing.
Selamat mencobaaaa ^_^
Baca Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

About

- alivi -