METODE PENELITIAN

Jenis Penelitian
Penelitian ini menggunakan jenis eksperimental dan studi pustaka. Eksperimen digunakan untuk membuktikan bahwa antena parabola dapat digunakan sebagai penangkap sinyal Wi-Fi selain sebagai penangkap channel televisi. Studi pustaka digunakan untuk menambah wawasan dan teori mengenai beberapa hal yang digunakan untuk menunjang jalannya penelitian ini.

Rancangan Penelitian
Populasi dan Sampel
Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah antena parabola yang terdapat pada rumah-rumah. Sedangkan sampel yang digunakan adalah salah satu antena parabola.
Instrumen Penelitian
Dalam penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yang terdiri dari alat-alat sebagai berikut:
1. Komputer (PC)
2. Antena parabola
3. DVB card
4. Penggerak parabola (optional)
5. LNB

Tahap-tahap Penelitian
Tahap Persiapan
1. Pemilihan Judul Penelitian
Pemilihan judul penelitian merupakan bagian awal dalam kegiatan penelitian. Judul penelitian merupakan gambaran masalah yang akan dikaji.
2. Konsultasi Judul Penelitian
Konsultasi judul penelitian ini dimaksudkan untuk memantapkan judul yang telah dipilih. Dengan dilakukannya konsultasi judul ini, diharapkan penelitian ini dapat lebih terarah sehingga nantinya hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat untuk banyak orang.
3. Studi Pustaka
Studi pustaka ini dilakukan agar peneliti memperoleh dasar teori sebelum melakukan penelitian sehingga penelitian tidak berjalan sesuai dengan keinginan peneliti sendiri namun peneliti harus sudah memiliki dasar teori tentang penelitian yang akan dilakukan.
4. Penyusunan Rancangan Penelitian
Penyusunan rancangan penelitian ini dilakukan untuk membuat pedoman operasional tentang keseluruhan kegiatan penelitian, baik yang berkaitan dengan penyusunan data, pemilihan, dan penyusunan instrumen, pengolahan data maupun yang berkenaan dengan penyusunan laporan.
Tahap Pelaksanaan
Pelaksanaan penelitian diawali dengan mempersiapkan alat yang dibutuhkan dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi pustaka. Data yang terkumpul selanjutnya diseleksi. Apabila dirasa kurang, penulis melakukan pengumpulan data lanjutan. Setelah dirasa cukup, penulis melakukan pengonsepan karya tulis secara lengkap.
Tahap Penyelesaian
Tahap akhir dari suatu penelitian adalah pembuatan laporan penelitian atau karya tulis ilmiah dari penelitian tersebut. Dalam tahap penyusunan laporan ini hendaknya didampingi oleh pembimbing.
Baca Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

About

- alivi -